by

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Mencegah Reaksi Alergi

Reaksi Alergi – Alergi, penyakit ini juga bisa terjadi pada anak-anak. Alergi ini tidak bisa diremehkan, karena kesakitan yang disebabkan oleh penyakit tersebut dapat mengganggu keadaan fisik dan mental seorang anak.

Penyakit pada anak ini juga tidak mudah penanganannya. Karena apa? Kondisi seperti ini jika seorang anak disembuhkan dengan menggunakan obat/cara apapun terkadang tidak mau. Bisa jadi depresi jika seorang anak dipaksakan untuk meminum obat/penanganan.

Reaksi Alergi

Untuk mengetahui gejala alergi pada anak, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan alergi pada anak. Secara umum terjadi karena faktor makanan dan non-makanan.

Perlu Anda ketahui, alergi pada anak ini memiliki risiko sangat besar mengenai perkembangan pada anak. Maka dari itu, segera periksakan anak Anda mengenai penyakit ini.

Faktor Pertama :

1.Makanan

Makanan juga dapat memicu terjadinya penyakit tersebut. Salah satu makanan yang bisa menyebabkan munculnya penyakit itu adalah. Makanan menjadi faktor kedua bagi seorang anak menderita penyakit ini. Karena di usia seperti ini, memang anak selalu banyak makan untuk mengembangkan tubuh. Untuk itu, penyakit ini bisa terjadi akibat makanan yang dimakan setiap harinya. Salah satunya adalah

  1. Kacang
  2. Telur
  3. Susu
  4. Produk olahan lainnya yang dapat memicu kesehatan bayi
  5. Bubur

Faktor Kedua :

2.Non-Makanan

Alergi pada anak juga tidak hanya disebabkan oleh makanan saja. Namun bisa terjadi akibat faktor lain. Biasanya faktor ini sering memicu penyakit alergi karena kurangnya menjaga tubuh dengan baik. Maka dari itu, seng mungkin mengecek kondisi tubuh anak jika mengalami penyakit seperti alergi ini. Antara lain :

  1. Terjadi karena inhalasi/hirupan yang salah. Seperti debu, AC yang kotor,serbuk sari bunga, dan juga kipas angin yang banyak debu menempel.
  2. Kontak : Bahan sabun yang digunakan salah, logam yang bersifat berkarat.
  3. Terjadi karena kurangnya kebersihan lingkungan. Bisa menyebabkan beberapa bakteri dan juga hewan pemicu munculnya virus.
  4. Kapuk yang berada di tempat tidur

Beberapa Faktor di atas dapat menyebabkan keluarnya penyakit alergi pada anak. Setelah mengetahui beberapa faktor di atas, penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang bisa mengganggu keadaan seorang anak. Seperti :

  1. Mengalami gatal pada kulit, jika digaruk akan menimbulkan iritasi/ram kemerahan pada kulit.
  2. Mengganggu proses pernapasan
  3. Batuk terus menerus
  4. Flu
  5. Bersin-bersin
  6. Hidung Berair
  7. Mata sering gatal
  8. Tenggorokan bermasalah
  9. Perut Mual
  10. Nafsu makan terganggu

Dampak yang terjadi apabila anak mengalami penyakit ini.

  1. Gangguan Pencernaan
  2. Gangguan Otak
  3. Gangguan Perkembangan Fisik
  4. Gangguan Pernapasan

Gejala dan juga dampak gangguan di atas sangat meresahkan orang tua. Karena keadaan seorang anak yang mengeluh akibat gejala yang ditimbulkan. Untuk itu orang tua harus menangani dengan cepat. Beberapa cara yang bisa menyembuhkan penyakit di atas. Salah satunya :

  1. Krim Antihistamine yang bisa meredakan penyakit tersebut. Obat ini dapat dibeli di apotek terdekat.
  2. Menggunakan air hangat yang dicampur dengan daun sirih, guna untuk menghilangkan pemerataan gatal-gatal
  3. Menggunakan soda kue atau obat pada air mandi (seperti cairan dettol)
  4. Lebih sering membersihkan area terbuka seperti ventilasi dan ruangan lainnya yang menyebabkan udara kotor masuk. Salah satu caranya adalah menggunakan penyaring udara.
  5. Jika anak mengalami alergi sehingga mengurangi nafsu makan, Anda bisa menyajikan makanan yang kaya akan serat kompleks dan suplai cairan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *